Jumat, 19 April 2013

Kaidah Penanggulangan Bencana



Kaidah Penanggulangan Bencana

Oleh: Legiran



"Faedah harapan" dalam pemilihan suatu kemungkinan-kemungkinan dengan menetapkan nilai dominan pada korespondensi ketidakpastian untuk suatu keputusan adalah "kaidah baik". Media sosial jangan hanya melihat yang ada dan-kemudian menyimpulkan sendiri jika itu belum terjadi (praduga untuk menambah nilai jual) – jika itu boleh menurut yang ‘diakui’, ya silakan. Jika tahapnya masih independen, masih bisa lah ditolerir – enggak ada nilai jualnya dan keharusan minta koreksi itu wajar –, jika yang mafhum kaidah ushul fiqh “kaidah kasih sayang” saya kira setuju.

Itu riya “pamer” namanya. Nama saya Legiran, bukan riya. Semua produk makanan yang disponsorkan, yang didalam makanan itu ada rasa manis (legi – jawa) enggak pernah tuh dikatain riya – ada kopi, roti, sirup yang bentuk ‘instan’ –, dan itu jadi konsumtif kita semua – enggak mau bahas ‘pencitraan’, basa-basi yang udah basi. Silakan menilai dengan keluasanilmuwan Anda, tetapi – tolong dicatat – saya enggak butuh ‘nilai’ itu. Daya tulis saya disebabkan ‘kepala’ ini pusing, sebab baca tulisan dan ‘mereka’ menambahinya dengan menyuruh penulis untuk menulis tulisan yang sama – alasannya “buat karya tulis” yang empiris, ironis.

Kenapa alam marah, mungkin karena mereka berasumsi bahwa alam itu jahat. Jadi, harus diberitakan secara terperinci, pakai analisa ini-analisa itu dan begini-begitu – tidak ada wartawan yang mengklarifikasikan pada alam yang sedang diberitakan, ah ‘mistis’. Sehingga “kaidah baik” yang penulis tulis di ‘sof’  paling atas, menjadi “propaganda hitam” – ‘psikologi asumsi umum’, idiom apa lah. Pertama-tama diplesetkan ‘istilah’ yang mau dipakai untuk ‘sesuatu’ – biar manusia umum ‘umum’ dengarnya – dengan memakai produk ‘iklan’ – sekali dayung, naik speed boat biar banyak pulau enggak ‘capai deh’ – kemudian baru beraksi – diam-diam – bawa photographer dan cameraman. Bocor bocor… pucuk pucuk… top…. Pria punya selera…. Asyiknya rame rame…. – korban iklan.

Lah wong Anda marah jika di’publish’ kejelekannya – beda konteksnya jika sengaja pakai teori-teorian (teori itu untuk “kesejahteraan” umum) –, meskipun ‘roso’, ‘rasa’ dan ‘subur’ tetap saja marah. Biasa bilang legowo, kenapa coba, kok enggak mau memberikan apresiasi pada ‘penggagas’ pertama? – ‘kok’ pekok. Jika ada hujan, mbok apresiasinya pada laut, matahari, mega, angin dan semua komponen yang ‘menjadikan’ adanya hujan. Legowo kok semua di’gowo’ – semua keberhasilan diambil Mr. rain sebab, semua manusia tahunya ya ‘hujan’ –, padahal itu benar-benar “filosofi padi” yang malu dengan keberhasilannya – ia mafhum bahwa ada ‘ada’ yang lain yang menyebabkan ‘ada’nya.

Alam menyapa dengan kejujuran; manusia menyapa dengan ilmu – sebagai khalifahfil ‘ard; korelasi keduanya ada 'nilai', yang cara penilaiannya? #apa. Manusia suka ber'status' – sebelum ada facebook pun sudah ada – untuk pengklasifikasian. Sayangnya,...#apa. Jika sistem 'jamaah' belum bisa mempersatukan, pakai sistem 'salam' – interaksi – masih saja #apa. #aaamiiin....nadanya, panjang ke atas – membias – lalu kebawah, diambil garis bawah, jadi segi tiga – ‘doa’ habluminallah-habluminannas #apa. Siapa yang mengajarkan nada baca 'amin' (tajwid), kok imajiku #apa. Tanpa kode, refleksitas. Beda saat terawih bareng teman-teman di pesantren, baca 'amin' bervariatif. Buyar, menjadi kilat '23 rakaat', Sang Kiai hanya senyum #apa.



Kalibeber, 20 April 2013


1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus